Jumat, 26 Maret 2010

manusi dan tanggung jawab

Tatnggung jawab adalh perbuatan yang sangat terpuji.

Tanggung jawab di bagi menjadi dua kelompok. yang pertama itu tanggung jawab trhadap individu. Dia harus bertanggung jawab terhadap akal, raga, harta, waktu, dan kehidupannya secara umum.

kedua tanggung jawab manusia terhadap orang lain dan lingkungan di mana ia hidup. Dapat Kita ketahui bersama bahwa manusia adalah mahluk yang harus membutuhkan orang lain atau teman dialam hidupnya untuk pengembangan dirinya. Dengan kata lain, ia mempunyai kewajiban moral terhadap lingkungan sosialnya. Kewajiban sangat erat kaitannya dengan eksistensi seseorang sebagai bagian dari masyarakat. Kita sadar bahwa kalau kita tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap orang lain, sangat tidak pantas bagi kita menuntut orang lain agar bertanggung jawab pada kita. apabila kita tidak berlaku adil pada orang lain.

tanggung jawab dalam konteks pergaulan adalah keberanian, Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani memerima resiko atas semua yang telah ia perbuat.

orang yang bertanggung jawab senantiasa akan mendapatkan kebahagiaan, sebab ia telah menunaikan kewajibannya dengan baik,akan tetapi sebaliknya dengan orang yang tidak mau bertanggung jawab atas semua perbuatan yang telah ia lakukan, ia kan menerima kesulitan di dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar